Senin, 30 Maret 2015

6 Wisata Museum di Bandung untuk Akhir Pekan yang Edukatif dan Seru!

Memang, Bandung tak hanya dikenal dengan wisata belanja dan wisata kulinernya saja, disini banyak museum yang bisa dikunjungi di akhir pekan ini. Yuk, wisata museum!
Museum-museum di Bandung ditata dengan apik dan modern. Sebagian besar menyimpan kisah-kisah historis Bandung dan Indonesia. Nah, Berikut ini adalah 6 museum terkenal di Bandung yang bisa dikunjungi oleh kamu dan keluarga di akhir pekan ini.

  1. Museum Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Museum Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini berada di bagian dalam dari Monumen Perjuangan Rakyat atau sering disebut sebagai Monju, terletak tepat dalam satu garis lurus dengan Gedung Sate Bandung dan Gasibu yaitu di Jalan Dipatiukur. Didalamnya lebih banyak menyimpan historis Bandung, mulai dari historis gubernur-gubernur Jawa Barat hingga niali historis pahlawan nasional wanita yang berasal dari Bandung, Raden Dewi Sartika.  
  2. Museum Geologi. Museum yang berada di Jalan Dipenogoro No. 57 Bandung ini dulunya digunakan sebagai laboratorium serta tempat penyimpanan hasil penelitian geologi dan pertambangan dari berbagai wilayah Indonesia. Hingga saat ini didalamnya bisa ditemukan benda-benda arkeolog dan pertambangan, dengan sarana pendidikan, penyedia berbagai informasi tentang ilmu kebumian, dan objek pariwisata di area Jawa Barat. Untuk masuk museum ini dikenakan tiket masuk, bagi pelajar dan mahasiswa hanya Rp 3000 dan untuk pengunjung umu hanya Rp 5000 saja.
  3. Museum Pos Indonesia. Museum ini berada  di Jalan Cilaki No 73 atau tepatnya disamping Gedung Sate Bandung, didalamnya bisa ditemukan historis penggunaan jasa pos sejak jaman penjajahan juga koleksi prangko dari berbagai Negara sejak penerbitan pertamanya. Untuk masuk museum ini pengunjung tidak dipungit biaya, alias gratis! 
  4. Museum Mandala Wangsit Siliwangi. Museum Mandala Wangsit Siliwangi terletak di Jalan Lembong No. 38. Di dalamnya terdapat bukti historis perjuangan KODAM Siliwangi, Monumen kekejaman APRA (Angkatan Perang Ratu Adil), serta Senjata-senjata primitif dan modern yang digunakan dalam perjuangan KODAM Siliwangi.


  5. Museum Konferensi Asia Afrika (KAA). Museum Konperensi Asia Afrika (KAA) atau yang dikenal sebagai Gedung Merdeka ini terletak di Jalan Asia-Afrika No. 65. Di dalam gedung bersejarah ini, terdapat koleksi sejarah Indonesia di masa awal kemerdekaan dan bukti konferensi besar. 
  6. Museum Sri Baduga. Museum yang terletak di Jalan BKR No. 185, tepatnya di depan Lapangan Tegallega yang menyimpan Monumen Bandung Lautan Api ini menyimpan benda-benda koleksi historis geologi, etnografi, arkeologi, filologi, sejarah, seni Rupa, teknologi, dan biologi.
Ke-enam museum ini bisa kamu kunjungi secara berurutan, dari lokasi yang lebih utara hingga keselatan. Jadikan libur akhir pekannya lebih bermanfaat dengan wisata museum yang edukatif. Jadi, selamat berlibur ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar