Rabu, 25 Maret 2015

Wisata Pulau Sumbawa : Pesona Indonesia yang Tersembunyi!




Indonesia bagian timur juga sarat akan potensi wisatanya, salah satunya Pulau Sumbawa yang selalu menggoda untuk dijamahi. Dengan luas wilayah 15,448 km2, pulau ini terbagi menjadi empat kabupaten yaitu Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dimana semua kawasannya didominasi area rawa dan savana. Namun bukan berarti disana enggak ada dataran tingginya lho guys, ada Gunung Tambora (2,850 m) yang bercokol sendirian di pulau tersebut, buat kamu yang hobi nanjak, tentu gunung ini juga recommended!

Teluk Saleh,  juga salah satu objek wisata kebanggaan pulau Sumbawa, selain bentuknya yang menyerupai segi tiga yang tidak beratura membuat pulau satu ini memiliki banyak pantai dan teluk, sudah tercatat ada lebih dari 30 pantai bernama, sebagian diantaranya yaitu Pantai Tanjung Pasir, Pantai Ai Manis, Pantai Tanjung Pangamas, Pantai Bajopulo Sape, Pantai Batu Gong, Pantai Labuhan Sawo, Pantai Sekokat, Pantai Jemplung, Pantai Teluk Saleh, dan Pantai Tero dengan setiap pantai memiliki karakteristiknya masing-masing, kalau kamu ke Teluk Saleh, kamu bakal disuguhi pemandangan sunrise yang sempurna, karena memang posisinya menghadap arah timur. Kalau mau lihat sunset yang paling indah, kamu bisa meluncur ke Pantai Bajopulo Sape. Kedua pantai ini memiliki pemandangan bawah laut yang gak kalah kerennya dengan pantai lainnya loh! Kamu juga bisa menikmati keseruan surfing dan main ombak, di pantai Sili dan Maci. Terbaik!

Selain wisata pantai, Sumbawa juga banyak tempat seru untuk kamu yang ingin berwisata darat. Salah satunya adalah air terjun Ai Beling, di desa Sempe tepatnya ± 20 KM ke arah barat daya dari kota Sumbawa Besar. Air terjun ini pastinya bakal memanjakan mata kamu, konturnya yang berundak – undak dan dialiri air dan dihiasi oleh bebatuan. Selain itu masih ada lagi yakni wisata savana. Salah satu yang paling terkenal terletak di Pulau Moyo. Disini kamu bisa ngeliat langsung berbagai macam atraksi berkuda. Bahkan dengan jokinya anak kecil lho guys.

Wisata Budayanya yang kental juga jadi pilihan yang sangat menarik! Salah satunya Tenun yang menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat Sumbawa, Bahkan katanya hasil tenunannya sampai di ekspor ke luar negeri! Woa! Selain itu, Desa Tepal yang konon masyarakatnya masih menjaga kelestarian budaya Samawa leluhur mereka. Terbukti dari konstruksi rumahnya yang berbentuk panggung dan cara berpakaian dengan menggunakan tenun tradisional. Ada lagi di desa Pamulung. Disana bahkan ada atraksi berkuda, dan balapan kerbau. Selain itu ada disana juga sering lho dipentaskan pertunjukan tarian dan musik tradisional.
Satu titik dipeta ternyata punya banyak cerita. Yuk ah, kita cuss ke Sumbawa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar