Kamis, 26 Maret 2015

Ingin Menjadi Saksi Keindahan Bawah Laut Indonesia? Ke Bunaken, Yuk!



Pulau dengan luas sekitar 8,08 kilometer persegi yang terletak di Manado, Sulawesi, Indonesia ini dikenal sebagai objek wisata Taman Laut Nasional pada tahun 1991 dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Yap, Bunaken!

Did you know… bahwa taman laut satu ini diakui sebagai taman laut dengan jumlah spesies tertinggi di dunia, lho! Secara keseluruhan taman laut Bunaken ini memiliki luas sekitar 72.265 hektar termasuk pulau-pulau yang ada di dalamnya yakni pulau Manado Tua, pulau Bunaken, pulau Siladen, pulau Mantehage, dan pulau Naen. Makanya kegiatan diving dan observasi biota bawah laut selalu menjadi kegiatan yang paling diminati banyak orang yang datang kesini, dengan 20 titik penyelaman berbeda, dengan  12 titik diantaranya terdapat di sekitar pulau Bunaken sehingga menjadi lokasi favorit untuk menyelam karena jaraknya yang tidak terlalu jauh.

Kalau kamu menyelam di lautan bunaken, kamu bisa melihat dinding raksasa yang berdiri vertical dan menjulang tinggi atau sering juga disebut sebagai underwater great walls, si sumber makanan bagi ikan-ikan kecil dari lebih dari 200 spesies ikan diperairan bunaken. Buat kamu yang enggak suka menyelam, kamu masih tetap bisa menikmati keindahan bawah laut dengan melakuka snorkeling di sekitar pantai, dan kamu enggak perlu bawa perlengkapan diving atau snorkeling dari rumah, sekitar pantai terdapat tempat penyewaan alat-alatnya dengan harga yang relative murah jika dibandingkan dengan kerepotan membawa seabreg peralatan, hehe
Untuk bisa sampai ke pulau Bunaken ini, kamu bisa menggunakan kapal feri atau kapal cepat dari Manado yang biasa berangkat pada pukul 14.00. harga sewa kapal sekitar Rp 500.000 (Desember 2014). Tapi kalau kamu mau yang lebih hemat bisa menumpang kapal tradisional penduduk dengan membayar sekitar Rp 100.000 untuk sekali perjalanan. Begitu sampai, kamu wisatawan domestic hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp.2500. dan untuk akomodasi sekitar sana tersedia penginapan mulai dari homestay hingga resort bisa kamu pilih, tinggal sesuaikan dengan budget. 

Jadi, siap untuk menikmati bawah laut di Bunaken?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar