Senin, 23 Maret 2015

Wisata Darat dan Laut di Karimun Jawa


Karimunjawa. Mendengar namanya saja pasti sudah terbayang jernihnya air laut, awan yang biru, pantai berpasir putih, dan biota bawah lautnya yang cantik dan menggoda untuk dijamahi. Yuk, kesana!
Karimunjawa, sebagai bagian dari kepulauan dengan 27 pulaunya yang cantik berada di ±83 kilometer di barat laut kota Jepara, Jawa Tengah. Sebelum perjalanan akan lebih baik kalau kamu pesan penginapan Karen liburan kamu enggak akan Cuma sehari kan? Di Karimunjawa sudah banyak jenis penginapan tersedia. Mulai dari homestay hingga resort mewah, harga untuk penginapan di Karimunjawa berkisar Rp 100-500 ribu. Yang perlu diingat, di Karimunjawa listrik hanya menyala dari jam 6 sore - jam 6 pagi, jadi jangan lupa recharge HP sampai penuh di malam hari ya !
Untuk menuju Karimunjawa, kamu bisa menggunakan Kapal Express Bahari dari Pelabuhan Kartini Jepara ke Dermaga Karimunjawa, perjalanan akan ditempuh selama 2 jam dengan kisaran harga Rp 110.000. Begitu sampai di dermaga Karimunjawa kamu akan disambut dengan gugusan kepulauan yang eksotis. Are you ready for holiday?
Liburan indah di karimunjawa akan lebih menyenangkan dengan bantuan tour guide, cukup membayar paket keliling karimunjawa dengan harga yang relative murah, hanya 150.000hari/orang sudah lengkap dengan sewa alat snorkeling, life jacket, sewa kapal, tur guide, makan siang dan photo underwater. Kamu akan diajak berkeliling dan tentu saja tur bahari dibawah laut, ya snorkeling!

Hari pertama, Snorkeling di Pulau menjangan Kecil, Santai-santai sekaligus makan siang barbeque di Pulau Batu Topeng (sampai puas). Snorkling ke Pulau Tengah, dan mengunjungi Pantai Pulau Tengah. Di Pulau Batu Topeng banyak gazebo untuk bersantai dengan latar belakang hutan yang masih cukup asli, sedangkan di Pulau Tengah ada penangkaran Hiu, dan pulaunya ditumbuhi dengan rerumputan hijau dan penginapan berbentuk rumah Panggung.

Tur Hari kedua dengan rute : Snorkling di Pulau menjangan Kecil (dengan spot yang berbeda dengan kemarin), Santai-santai dan Barbeque di Pantai Pulau Gelean, Snorkling di Pulau Cemara, Santai lagi di Pantai Pulau Ujung Gelam. di Pulau Gelean saya terpesona dengan pohon-pohon dan tanaman yang berjajar indah menghiasi Pantai dan tentu dengan laut yang jernih. Sedangkan Pulau Ujung Gelam, adalah salah satu Pantai Favorit wisatawan untuk melihat sunset. dengan Keeksotisan Pantai Ujung gelam, gugusan batu karang, pasir yang begitu putih, dan laut yang bisa untuk berenang, tidambah dengan clody di langit membuat view di Pulau ini lebih sempurna.

Hari terakhir saya di Karimunjawa, masih jarang diketahui wisatawan bahwa Karimunjawa memiliki spot darat yang sangat menarik dan tidak kalah dari wisata Baharinya. Bukit Joko Tuwo, sebuah bukit yang diisi dengan sejarah dan keindahan Karimunjawa dari atas bukit.
Terletak di bagian utara alun-alun atau 5 menit dari pasar karimunjawa  menuju bukit Joko Tuo, dan dilanjutkan dengan 20 menit berjalan menanjak ke atas bukit. Jalan ini bisa dilewati dengan motor, dan untuk sewa motor di Karimunjawa hanya Rp. 75.000 /hari. Sampai di Bukit, kamu akan disambut dengan Fosil Ikan Paus si Joko Tuwo dengan panjang sekitar 12 meter, disana juga sudah dibangun gazebo-gazebo untuk tempat bersantai menikmati Indahnya Karimunjawa dari atas bukit apalagi bila sambil menikmati sunset. Lelah saya menanjak bukit terbayar sudah. Kamu akan tercengan dan terharu mendapat salam dari Karimunjawa salam damai dari Indonesia yang begitu eksotis dan Cantik.

Pantainya yang sungguh sempurna, bikin kamu enggan untuk kembali pulang. Selamat berkunjung ke pantainya anak muda, Karimunjawa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar