Selasa, 16 Juni 2015

Cave Tubing di Goa Kalisuci

Bosen sama matahari, pasir, pantai dan air laut? Pulau? Ingin sesuatu yang berbeda? Wisata yang kaya gini bisa banget di jadiin pilihan kamu, lho! Sesuatu yang pasti nya jarang kamu temuin dimana-mana, ya cuma disini aja nih.. Di Goa Kalisuci Jogjakarta! Pasti kamu gak akan nyangka dengan Goa Kalisuci ini, di Kabupaten Gunungkidul yang gersang ini ternyata terdapat sungai di perut bumi.. Karena topografi wilayahnya terdiri dari perbukitan kapur atau perbukitan karst, Kabupaten Gunungkidul cenderung tandus dan gersang. Seperti saat kemarau tiba, warna hijau tanaman segera berubah menjadi kecoklatan akibat meranggas. Meskipun wilayahnya seperti ini, kamu akan menemukan keindahan alam yang pastinya jarang kamu temui di tempat lain! Seperti Goa Kalisuci ini nih!


Nama Kalisuci sendiri berasal dari mata air yang terdapat di atas aliran sungai yang sangat jernih dan tetap jernih meskipun musim hujan. Dulu, sumber mata air ini merupakan sumber air satu-satunya untuk menghidupi aktivitas kehidupan masyarakat sekitar. Meskipun tidak dimasak, air dari sumber Kalisuci dapat langsung diminum karena belum tercemar limbah apapun. Untuk menyusuri Gua Kalisuci ini dinamakan cave tubing. Jadi menyusuri gua menggunakan pelampung. Tenang saja, aman kok! Perlengkapan lengkap disediakan untuk pengunjung yang ingin cave tubing, seperti pelampung, life jacket dan  helm untuk keselamatan pengunjung. Setelah semua duduk diatas ban pelampung, pengarungan gua dan sungai akan segera di mulai!


Ban akan bergerak mengikuti aliran sungai, ketika tenang tangan akan digunakan untuk mengayuh, jika arus mulai deras ban akan melaju dengan cepat dan sedikit berputar mengikuti arus sungai yang ada. Pada beberapa titik, akan ada alur yang penuh bebatuan maupun jeram yang sangat ekstrim dan akan sulit dilewati.. Maka kamu harus jalan menarik ban agar tidak tersendat. Tidak perlu khawatir ketika di Goa Kalisuci ini, karena akan dipandu oleh pemandu wisata agar tidak tersesat.


Ketika kamu memasuki relung Goa Kalisuci dan Goa Gelatik.. Petualangan sebenarnya baru lah di mulai! Sinar matahari mulai hilang menjadi remang bahkan gelap, pencahayaan hanyalah berasal dari head lamp. Didalam gua akan terlihat stalaktit dan terkadang batuan kristal. Kelelawar, ikan besar, laba-laba di langit gua.. Paket lengkap keindahan alam yang pastinya akan kamu dapatkan di wisata Goa Kalisuci ini.


Wisata cave tubing ini aman bagi pemula, karena kedalaman sungainya hanya 2-3 meter saja, dan objek wisata ini akan ditutup jika curah hujan sedang tinggi. Maka dari itu, sebelum berkunjung pastikan dulu apakah objek wisata ini sedang dibuka atau tidak. Benar-benar menarik memang wisata cave tubing ini ya! Rasanya ingin segera berkunjung kesana, berlibur dan mencoba sesuatu yang berbeda dari matahari, pasir, dan pantai! Goa Kalisuci tidak kalah eksotis dibandingkan pantai, kok!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar