Minggu, 07 Juni 2015

Tarusan Kamang, Danau Yang Timbul Tenggelam

Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki keindahan dan kekayaan alam yang tidak ada habisnya. Tentunya Indonesia sendiri masih memiliki banyak tempat wisata yang belum di sentuh oleh masyarakat Indonesia sendiri.. Mungkin masyarakat lokal sendiri masih belum menyadari potensi-potensi tersembunyi yang ada di negeri kita ini. Seperti Tarusan Kamang ini, tempat wisata yang berada di Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Jadi pas kamu main-main ke Padang, bisa banget buat mampir dan main ke Tarusan Kamang ini. 


Kenapa Tarusan Kamang disebut danau yang timbul tenggelam? Karena danau yang dimanfaatkan warga untuk budidaya ikan, berkubangnya kerbau, memancing, dan mandi ini bisa berubah menjadi hamparan rumput yang luas. Kok bisa, ya?? 
Jadi, danau ini dapat terisi air hanya dalam musim-musim tertentu, jadi ada kalanya air terisi penuh, ada kalanya juga air surut dan akhirnya menjadi hamparan padang rumput yang luas. Sayangnya, waktu terisi dan surutnya tidak bisa diperkirakan. Ketika menjadi danau, di bagian tengahnya ada sebuah pulau atau tumpukan tanah yang tidak dibenami air yang disebut Padang Doto oleh masyarakat setempat. Untuk dapat mencapai Padang Doto, kamu harus menaiki perahu rakit bambu yang disediakan oleh warga sekitar. Terlebih lagi, disana tidak dipungut biaya, lho. Kamu hanya perlu menyumbang seikhlasnya kepada pengelola.


Tarusan Kamang sendiri terletak di kaki Bukit Barisan, sekitar 14 kilometer dari Bukittinggi. Dari kota Padang menuju Bukittinggi memerlukan waktu sekitar 2 jam. Buat kamu yang suka wisata alam yang punya fenomena-fenomena unik jangan lupa buat mampir ke Padang dan main-main ke Tarusan Kamang. Ketika surut, Tarusan Kamang memiliki gua-gua yang masih aktif untuk di telusuri. Menarik, ya? 


Menghilangnya air danau keperut bumi dan muncul di celah padang rumput yang hijau, tanpa bisa menebak perkiraan waktunya kapan karena adanya sungai bawah tanah. Ketika air tanah naik, lorong-lorong dibawah bukit batu akan menyemburkan air dan menutupi padang rumputnya. Dan, fenomena ini terjadi dalam kurun waktu yang lama. Danau Tarusan Kamang pernah kering selama setahun dan lima bulan yang lalu, barulah muncul air lagi. Jangka waktunya pun tidak pernah pasti namun berlangsung secara lama. 


Danau cantik dengan fenomena unik patut untuk kamu sambangi, nih! Indonesia memang benar-benar kaya dengan keindahan alam. Sayang banget kalau kamu tidak mengeksplorasi secara utuh keindahannya.. Tarusan Kamang ini merupakan salah satunya yang harus kamu datangi, kalau kamu sebagai warga negara Indonesia, khususnya warga Sumatera Barat belum pernah kesini.. Cintai alammu, dan rasakan manfaatnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar