Rabu, 24 Juni 2015

Indahnya Matahari Terbenam Di Pantai Marina

Pantai Marina Semarang terletak di Semarang bagian utara, berada pada satu garis lurus dengan Pantai Maron. Wisata pantai ini juga cukup dekat dari Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, kawasan wisata PRPP, serta Museum Ronggawarsito Jawa Tengah.
 
Akses perjalanan menuju Pantai Marina Semarang terbilang mudah, Saya dapat mengaksesnya dari arah mana saja di Kota Semarang. Jika Saya berangkat dari daerah Kendal, Saya dapat mengambil arah ke Timur kemudian masuk ke Bundaran Kali Banteng (tak jauh dari museum Ronggawarsito Jawa Tengah). Dari Bundaran Kali Banteng, Saya lanjutkan perjalanan menuju Jl. RE. Martadinata (jalur arah ke Surabaya), kemudian akan menjumpai SPBU, lalu berbelok ke kiri ke arah Supermarket Giant (PRPP). Dari kawasan PRPP, Saya langsung meluncur ke arah Pantai Marina.  

Jika diamati dengan seksama, Pantai Marina Semarang sesungguhnya terbentuk dari kegiatn pengerukan (reklamasi) pantai di kawasan Semarang yang dulunya adalah area hutan bakau serta tambak. Dari proses reklamasi tersebut, kawasan ini berubah menjadi perkantoran, pertokoan, dan perumahan.Sedangkan sisa ujung pantai bagian utara dimodifikasi sedemikian rupa dan dibangun pembatas pantai yang sangat nyaman untuk menghabiskan waktu kala santai. Pembatas pantai tersebut sengaja diciptakan sebagai pemecah ombak atau Breakwater.

Fungsi dari Breakwater sendiri adalah memecah gelombang laut dengan cara menyerap energi gelombang. Tujuan dari Breakwater ini untuk mengurangi pengikisan pantai (abrasi) serta menenangkan ombak di pelabuhan sehingga lebih aman untuk kapal yang merapat.

Saat ini, di kawasan Pantai Marina Semarang terdapat cukup banyak kapal berukuran medium yang digunakan untuk keperluan wisata. Dengan demikian, jika ingin berkeliling atau memutari Pantai Marina, tinggal menaiki salah satu dari kapal-kapal tersebut. Dari geladak kapal, Saya menikmati keindahan tersendiri yang ada di Pantai Marina tersebut sambil menyaksikan kawasan Pelabuhan Tanjung Mas dan hutan bakau yang terlihat dari kejauhan.

Pantai Marina Semarang memiliki area parkir yang cukup luas, selain pula tersedia mushola dan kamar mandi. Persewaan perahu untuk mengelilingi Pantai Marina mengenakan tarif yang terbilang murah, berkisar Rp 5 ribu per orang. Kapal-kapal berukuran sedang memang boleh merapat di Pantai Marina ini mengingat dermaganya yang cukup lebar.

1 komentar:

  1. pantainya indah sekali :)

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus