Selasa, 09 Juni 2015

Si Cantik dari Malang, Coban Rondo

Mendekati liburan, nih! Sudah punya rencana untuk berlibur? Atau masih galau dan bingung kira-kira kemana? Seluruh Indonesia sebenarnya punya banyak banget destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, terlebih lagi pada saat musim liburan. Pasti banyak masyarakat Indonesia yang berjalan-jalan ke kota-kota yang belum pernah mereka kunjungi. Hmm.. Kayanya kalian bisa banget nih menyambangi Coban Rondo di Kota Malang! Apa sih Coban Rondo itu?



Dalam bahasa jawa, Coban Rondo sendiri Coban berarti air terjun dan Rondo berarti janda. Menurut sejarah, air terjun ini ada karena kisah percintaan antara Dewi Anjarwati dan suaminya, Raden Baron Kusuma. Konon katanya, suaminya meninggal dalam pertempuran dengan Joko Lelono yang naksir dengan Dewi Anjarwati dan berniat merebut istrinya. Tetapi, sang suami menyembunyikan istrinya dari Joko Lelono. Dan semenjak saat itu diduga air terjun ini mulai muncul.. Unik ya latar belakang si Coban Rondo ini?



Coban Rondo ini terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sekitar 12 KM dari Kota Batu. Akses yang paling mudah adalah melalui jalan raya Malang-Batu, dan Kediri-Pare. Air terjun ini mudah di akses oleh kendaraan umum. Jadi, jika berlibur tidak membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaran, kamu bisa menggunakan angkutan umum untuk mengunjungi wisata alam ini.



Air terjun ini memiliki ketinggian 85 meter dengan debit air berkisar antara 90 liter/detik pada musim kemarau, dan pada musim penghujan debit air sampai dengan 150 liter/detik. Coban Rondo sebenarnya merupakan bagian dari air terjun bertingkat. Dimulai dari air terjun kembar bernama Coban Manten, yang bergabung menjadi satu yaitu Coban Dudo, kemudian mengalir kebawah menjadi Coban Rondo.



Dataran tinggi dengan akses jalan yang sulit menjadikan wisata Coban Rondo sebagai area camping ground favorit. Lokasi ini pun tidak pernah sepi pengunjung, terkecuali jika ada faktor cuaca yang tidak memungkinkan. Dan sebenarnya Coban Manten dan Coban Dudo dapat diakses melalui Coban Rondo. Hanya saja, akses ke dua air terjun tersebut masih berupa jalan setapak di tengah hutan. Kecuali kamu sudah terbiasa dengan hal-hal tersebut, mungkin bisa berjalan menuju dua air terjun tersebut. Bermain di air yang jernih dan sejuk sudah pasti akan menyegarkan kalian setelah menempuh perjalanan menuju wisata alam ini.

Jadi, jika kamu ingin berlibur dan belum tahu ingin pergi kemana.. Kamu bisa merencanakan untuk berlibur ke Malang.. Tidak ada salahnya mengunjungi wisata alam ini! Air terjun berlatar belakang sejarah yang menarik memang patut untuk di sambangi. Selain kita bisa bermain air, pemandangannya pun tentunya sangat menyegarkan mata dan pikiran. Selamat berjalan-jalan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar