Senin, 08 Juni 2015

Pulau Rubiah, Surga Terpencil di Ujung Indonesia

Jalan-jalan memang kegiatan yang paling menyenangkan! Selain kamu bisa mengeksplorasi daerah dan tempat baru, kamu juga dapat mengenal dan menikmati suasana yang pastinya jarang kamu rasakan. Begitu banyak tempat wisata yang ada di Indonesia, dan rasanya Indonesia memiliki kekayaan alam yang tidak ada habisnya, ya? Bermain ke provinsi Nanggroe Aceh Darussalam tidak lengkap kalau kamu tidak ke Pulau Weh. Nah, tapi.. Kamu tahu ada pulau lainnya yang menarik selain Pulau Weh? Pulau Rubiah jawabannya!


Pulau Rubiah terletak di sebelah barat Pulau Weh, dan nama Rubiah sendiri merupakan nama yang ada di nisan didalam pulau tersebut. Konon katanya, Nyak Rubiah merupakan salah satu dari 44 keramat yang menjaga kota Sabang. Jika kalian dari pusat Kota Sabang, sekitar 35-40 menit untuk menuju Pantai Teupin Layeu menggunakan kendaraan bermotor. Dan melalui Pantai Teupin Layeu dapat menggunakan perahu kaca, boat dan perahu dayung yang dapat di sewa per harinya bisa dijadikan pilihan untuk menuju ke pulau Rubiah.


Tempat wisata di Aceh ini memiliki koleksi sedikitnya 14 sampai 15 biota laut yang di lindungi di Indonesia. Jadi, siapkan alat snorkeling kamu ya! Mulai dari mask, pelampung, snorkel, dan fin. Ketika kamu berenang dan mengeksplorasi, kamu akan melihat ikan-ikan tropis cantik dan pastinya akan jarang kamu temukan, seperti angel fish, gigantic clams, school of parrot fish, lion fish dan berbagai jenis biota laut lainnya. Terdapat juga terumbu karang yang masih terjaga.


Pulau yang kurang lebih berluas 26 hektar ini biota bawah lautnya masih belum tersentuh dan masih terjaga kelestariannya. Pulau ini tidak berpenghuni dan hanya dijaga oleh sepasang suami istri. Disediakan satu bungalow dengan dua kamar untuk para turis yang ingin menginap di Pulau Rubiah ini. Selain tujuan wisata, Pulau Rubiah sendiri dijadikan sebagai tempat penelitian biota laut. Di Pulau Rubiah tidak memerlukan lisensi penyelam untuk dapat menikmati keindahan taman lautnya. Karena disini banyak spot penyelaman yang aman di gunakan dan dikunjungi untuk aktivitas penyelaman bagi pemula yang belum memiliki lisensi.


Pulau Rubiah, pulau cantik di ujung Indonesia. Pas banget nih untuk liburan, ya? Keindahannya memang masih benar-benar terjaga dari tangan-tangan usil manusia. Indonesia memang benar kaya akan keindahan alam yang harus dijaga dan dilestarikan. Jadi, siapkan rencana liburan kamu.. Pulau Rubiah bisa dijadikan destinasi selanjutnya, nih!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar