Rabu, 03 Juni 2015

Pesona Pulau Kubur, Lampung

Tidak ada habisnya kalau kita ngomongin tentang tempat wisata dan jalan-jalan di negeri kita tercinta ini, Indonesia. Kali ini saya akan membahas Pulau Kubur di Lampung.. Pulau Kubur nggak kalah cantik sama teluk Kiluan. Penasaran nggak sih seperti apa pulau Kubur itu? 


Lokasi pulau Kubur ini berada di teluk Lampung yang berada di daerah pesisi pantai Bandar Lampung dan luasnya hanyalah 5 hektare saja. Pulau ini secara administratif masih masuk ke dalam daerah kota Bandar Lampung, kecamatan Teluk Betung Selatan. Ada dua bagian yang terdapat di pulau ini, satu sisi tebing karang yang menjulang tinggi dan satu sisinya lagi terdapat sebuah pantai. Pulau ini tidak berpenduduk, hanya ada rumah singgah nelayan di pulau-pulau terdekat. Maka dari itu, pulau ini cenderung sepi.

Dengan namanya pulau Kubur, dulu para peneliti mengira bahwa pulau ini digunakan untuk mengubur, namun ternyata mereka salah menafsirkan. Pulau ini ternyata digunakan untuk upacara pembuangan abu para jenazah. Sebelum menjadi pulau seperti yang sekarang ini, dulunya, Pulau Kubur terhubung dengan daratan. Namun karena ombak yang terus menggerus permukaan daratan membuat bagian kecil dari daratan terpisah menjadi sebuah pulau kecil. Sampai sekarang pun ombak masih terus menggerus pulau Kubur.


Pulau Kubur dapat diakses melalui Pulau Pasaran dengan menggunakan motorboat, waktu dan jarak tempuhnya sekitar 35 menit. Jarak antara pulau Pasaran dan pulau Kubur sekitar 7km. Tidak hanya melalui pulau Pasaran, tetapi juga bisa diakses melalui pantai Puri Gading. Jika melalui pantai Puri Gading pengunjung hanya memerlukan waktu 10 menit saja. Wah.. Jauh lebih cepat ya. 



Pengunjung biasanya datang untuk memancing di sekitaran pulau Kubur. Karena kalau memancing dari pulau Kuburnya, tali pancing pasti akan menyangkut. Pemancing biasanya akan menyewa perahu motor untuk memancing di sekitaran pulau Kubur. Pemancing gemar memancing di pulau Kubur karena karang besar merupakan lokasi yang disukai ikan-ikan besar. Tetapi ada juga pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan alam di pulau ini. Suasana yang nyaman dan banyaknya ikan hias yang tersebar di pantai pulau ini membuat pengunjung betah berlama-lama di pulau ini. Tidak perlu khawatir untuk beristirahat, pengunjung dapat menempati pondok-pondok sederhana untuk bersinggah. Meskipun pembuatannya tidak melibatkan teknologi, tetap aman untuk di gunakan, kok! 

Hidup di negara seperti Indonesia ini, memang tidak ada habisnya untuk berjalan-jalan menikmati panorama negeri sendiri. Masih banyak yang bisa ditelusuri dan di jelajah di negeri kita tercinta ini, pulau Kubur mungkin hanya sebagian kecil dari keindahan yang ada di Indonesia. Selain mengunjungi, tentunya kita juga harus membantu menjaga dan melestarikan keindahannya.. Selamat berjalan-jalan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar