Selasa, 02 Juni 2015

Masjid Raya Al – Mashun, Medan


Sebentar lagi umat muslim di Indonesia akan memperingati bulan Ramadhan, pasti seru tentunya jika sebelum bulan Ramadhan tiba kita jalan-jalan dulu ke tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya..

Saya disini akan mengajak kalian semua berwisata religi yang ada di kota Medan, yaitu Masjid Raya Medan atau yang biasa di kenal sebagai Masjid Raya Al-Mashun yang terletak di jantung kota Medan. Masjid ini telah berdiri sejak tahun 1906. Pasti interiornya klasik banget yaa.. Konon katanya, pendanaan masjid ini ditanggung oleh sultan Ma’mun Al-Rasyid Perkasa Alam, kesultanan Deli pada saat itu, tetapi tokoh etnis Tionghoa kota Medan yang sezaman dengan sultan Ma’mun Al-Rasyid Perkasa Alam, Tjong A Fie, turut berkontribusi dalam pendanaan masjid ini.


Bangunannya memiliki campuran corak khas Maroko, Eropa, Melayu dan Timur Tengah. Bangunan masjidnya berbentuk bundar segi delapan, memiliki empat serambi utama di bagian depan dan belakang, serta bagian kiri dan kanannya. Empat serambi tersebut juga sekaligus pintu utama masuk ke dalam masjidnya. Bisa dibayangkan, kemegahan masjid ini kan.. Sultan Ma’mun Al-Rasyid Perkasa Alam sendiri memang sengaja membangun masjid ini dengan megah. Sultan sendiri berprinsip bahwa hal itu lebih utama dibandingkan kemegahan istananya sendiri..


Kubahnya memiliki keunikan tersendiri, yaitu mengadopsi gaya Turki.. Hmm, kebayang dong gimana cantiknya.. Berbentuk patah-patah persegi delapan, kubah utama dikelilingi empat kubah lain di atas masing-masing beranda dengan ukuran yang lebih kecil. Bentuk kubah seperti ini dapat ditemukan juga pada Mesjid Raya Banda Aceh. Nah.. Inilah masjid yang menjadi kebanggaan kota Medan dan menjadi salah satu tempat wisata di Medan yang menarik untuk dikunjungi. 

Wisata itu tidak hanya harus ke tempat-tempat alam, tetapi wisata bangunan klasik bersejarah seperti ini juga menarik.. Terutama sekarang ini sudah semakin mendekati bulan Ramadhan, tidak heran kalau saat-saat seperti ini lokasi-lokasi wisata religi semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat. Bagi kalian yang berada di kota Medan ataupun ingin main ke kota Medan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi masjid yang megah ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar