Rabu, 10 Juni 2015

Pulau Tersembunyi di Minahasa Utara

Pada tahun 2002, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau yang biasa kita tahu adalah LAPAN, menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 18.306 pulau. Dan itu termasuk pulau-pulau yang belum teridentifikasi.. Dan pastinya, banyak dari masyarakat Indonesia yang belum mengenal apa itu Pulau Gangga? Pulau Gangga merupakan pulau yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara ini dekat dengan Kota Manado loh! Seperti ini nih penampakan Pulau Gangga..



Kota Manado memang terkenal dengan wisata pantainya, karena memang berdekatan dengan laut. Selain Taman Laut Bunaken, Pulau Gangga bisa dijadikan alternatif untuk berlibur. 80% kealamian Pulau Gangga memang masih sangat terjaga dan terjamah sedikitpun. Pulau seluas 14.65 Km² ini memiliki dua desa didalamnya, Desa Gangga Satu dan Desa Gangga Dua. Untuk menuju pulau ini, kamu harus berkendara sekitar 1,5 jam dari Kota Manado menuju Likupang. Nah, dari Likupang kamu dapat menggunakan speedboat dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Selama perjalanan dari Likupang menuju Pulau Gangga, kamu akan disajikan dengan pemandangan bawah laut yang indah! Alternatif lainnya, kamu bisa melalui Desa Serei atau Desa Bahoi. Jarak tempuhnya lebih dekat dan biayanya juga menjadi lebih murah.


Tidak perlu khawatir jika kamu ingin menghabiskan liburan kamu di Pulau Gangga. Disini mereka juga menyediakan resort, loh! Jika bermalam di pulau ini, kamu dapat mengeksplorasi pulau ini lebih jauh dan lebih leluasa. Meskipun pasokan listrik di pulau ini masih dibatasi hanya 6 jam. Dimulai dari jam 6 sore hingga jam 1 malam, lebih dari itu listrik akan di support oleh bantuan mesin genset berkapasitas 10.000 watt untuk siang hari. Jadi, jangan heran jika pada saat-saat tertentu akan terjadi pemadaman listrik.


Sunset dan Sunrise di Pulau Gangga juga merupakan hal yang tidak boleh kamu lewatkan! Keindahan pemandangan matahari terbit dan tenggelam memang merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu ketika wisata ke pantai. Selain bisa berfoto saat sunset dan sunrise, kamu juga bisa menikmati deburan ombak dan pasir putihnya yang sangat indah. Tidak hanya bermain di pinggir pantai, kamu juga bisa snorkeling dan diving disini. Kekayaan biota laut yang berwarna-warni sampai jenis ikan yang khas Samudera Indonesia dan Pasifik menjadi objek favorit untuk di foto. Tidak heran banyak turis asing yang juga gemar ke Pulau Gangga ini..


Memang benar-benar surga yang tersembunyi, ya! Meskipun masih banyak pulau lainnya yang bisa kamu kunjungi, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pulau ini. Jarak yang ditempuh akan terbayar ketika kamu sampai di pulau eksotis ini. Pemandangan, suasana, serta keindahan bawah laut menjadikan Pulau Gangga ini tempat wisata alternatif selain Taman Laut Bunaken. Yuk jalan-jalan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar