Kamis, 18 Juni 2015

Terumbu Karang Asri dari Sumatera Barat

Kota Padang memang terkenal dengan makanannya, mulai dari gulai otak, asam padeh, rendang dan makanan lainnya mungkin sudah terkenal di seluruh Indonesia. Bahkan sudah ada yang sampai luar negeri. Tapi, apakah kalian tahu bahwa Kota Padang juga terkenal akan tempat wisata yang indah dan unik? Bagi kamu yang berdomisili Padang, sayang banget untuk melewatkan keindahan-keindahan di kotamu sendiri, lho! Seperti wisata alam yang satu ini.. Yaitu Pulau Pasumpahan!


Pulau Pasumpahan adalah pulau yang berada di perairan kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Pulau ini tidak berpenghuni dan memiliki luas hanya 5 hektar saja. Terdapat air laut yang biru, pasir putih, dan juga ekosistem bawah laut yang siap mempesona kamu. Lokasi Pulau Pasumpahan sendiri sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Untuk mencapai Pulau Pasumpahan dari Sungai Pisang kamu bisa menyewa speed boat untuk ke pulau ini atau menggunakan perahu kayu, tarifnya tergantung negosiasi antara kamu dan penyedia perahu.


Terdapat beberapa titik lokasi penyelaman yang bisa kamu kunjungi dari pulau ini, antara lain Pulau Gosong, Pulau Ular, dan Pulau Sirandah. Tapi kalau kamu tidak ingin menyelam, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar pantai dan bermain air saja. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen kamu disini. Karena pulau ini tidak berpenghuni dan cukup terpencil, sebaiknya jika ingin berkunjung kesini kamu membawa bekal makan dan minum agar tidak kebingungan dalam mencari konsumsi. Jika kamu berniat untuk bermalam disini, jangan lupa membawa tenda dan perlengkapan lainnya. Terlebih lagi jika kamu bermalam untuk menangkap bulan purnama yang akan menerangi Pulau Pasumpahan ini.


Beberapa bagian di dermaga Pulau Pasumpahan kurang terawat dan tidak begitu kokoh. Jika kamu ingin menyusurinya, kamu harus berhati-hati. Meskipun begitu, dermaga ini merupakan tempat dimana banyak ikan berkumpul.. Hmm penasaran nih! Jadi buat kamu yang ingin traveling mengelilingi Indonesia, Pulau Pasumpahan perlu di masukan ke dalam daftar perjalanan kamu nanti. Ekosistem bawah laut yang belum tersentuh dan juga pasir putih yang cantik pastinya menggoda siapapun yang melihatnya. Selagi masih ada waktu, yuk jalan-jalan!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar