Senin, 20 April 2015

Danau Kelimutu; Keindahan Yang Tak Ada Dua!

Holaaa Lahooo Travelers ..!!

Jalan-jalan lagi yuk, kali ini nih saya kepengen jalan-jalan ke Danau Kelimutu nihh, ada yang tau ga? Kota terdekat dengan danau kelimutu adalah kota yang cukup dingin, yaitu Kota Moni. Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia.  

Untuk mencapai Kelimutu saya dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta terbang ke Bandara El Tari, NTT. Lalu dari bandara  memakai mobil pribadi (untungnya bawa) karena sarana wisata transportasi disini yang masih kurang, hanya ada bis dengan trayek Labuan Bajo – Maumer,  juga bis kayu dengan bagian bak belakangnya dimanfaatkan untuk tempat duduk para penumpang, namun jumlah belum banyak. 
 
Kontur pegunungan yang naik turun dan berkelok, dengan sungai, lembah dan air terjun disuguhkan disepanjang perjalanan saya dari Ende ke Moni, makanya wajar jika perjalanan menjadi lebih lama dari yang seharusnya, sering kali berhenti untuk membekukan momen dalam jepretan gambar, belum lagi berhenti juga ketika melawati pasar yang menjual buah-buahan hasil tani penduduk setempat. hehe
Sesampainya di Moni, langit sudah gelap dan saya pun mencari penginapan, setelah melalui proses survey range harga mulai dari 100 sampai 400 ribu per malam disesuaikan fasilitasnya. Satu hal yang membuat saya sedikit surprise adalah penginapan lebih banyak disewa wisatawan international dibanding domestik, saya menyadari bahwa keindahan Pulau Ende ini sudah terdengar gaungnya hingga ke luar negeri tapi masih banyak anak negeri yang lebih memilih melewati pesona diluar sana. Hari semakin larut, saatnya beristirahat karena besok saya harus berangkat jam 03.30 untuk mengejar sunrise di Danau Kelimutu. 

Sesuai rencana saya sangat siap untuk pesona Kelimutu. Jalan dari gerbang Taman Nasional Kelimutu sampai ke tempat parkir berkelok-kelok dan sempit namun relatif mulus. Sampai di pos administrasi, saya daftar dan bayar tiket masuknya, lalu mobil berjalan lagi sampai ke tempat parkir, berikutnya perjalanan dengan berjalan kaki dari tempat parkir sampai ke tempat pengamatan Danau Kelimutu, dari sana kami bisa liat tiga Tiwu yang cantik memesona ! *wonder*
Benar saja, pertama saya melihat keindahan warna toska Tiwu Ata Polo seluas 4 ha dengan kedalaman 64 m menyambut kami dengan indahnya, dibibir danau ini terdapat pagar besi pengaman untuk pengunjung bisa melihat dan berfoto-foto. Cheers! Danau satu ini diyakini masyarakat setempat merupakan tempat bersemayamnya arwah orang-orang jahat! Wih! Ngerik!

Lalu Tiwu Nua Muri Ko’ofai yang berwarna tosca gelap dengan luas 5.5 ha dan kedalaman 127 m, dan terakhir, Tiwu Ata Mbupu berwarna gelap dengan 4.5 ha dan kedalaman 67 m, yang dipercaya sebagai tempat bersemayamnya arwah anak muda dan orang-orang tua. Dari puncak gunung terdapat tugu dan tempat khusus untuk memandang tiga Tiwu si lukisan Tuhan di tanah Flores.

Buat kamu yang udah baca review ini WAJIB banget dateng kesini, aaaaaa tempatnya keren!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar