Minggu, 05 April 2015

Surga Wisata Tersembunyi; Taman Laut Tumbak




Hollaaaaa Travelers!!

Long long lonnggg weekend kemarin liburan kemana nih? Yah masa dirumah sih, kalo saya nih long weekend kemarin pergi jalan-jalan ke Surga Wisata Tersembunyi di Minahasa Tenggara! Yups, tepatnya ke Taman Laut Tumbak. Pasti masih asing ya denger wisata ini karena yang paling populer saat ini adalah Taman Laut Bunaken nya yang terletak di Pulau Bunaken Kota Manado. Jangankan kamu yang dari luar Sulawesi Utara, masyarakat Sulawesi Utara pun masih kurang begitu kenal dengan objek wisata ini.

Tumbak merupakan nasa sebuah desa yang terletak di Kecamatan Posumaen Kabupaten Minahasa Tenggara. Untuk mencapai desa Tumbak, dari Kota Manado saya memakan perjalanan sekitar 3 jam pake kendaraan pribadi. Untuk menikmati keindahan di Tumbak ini saya menginap 2 hari disini, ya karena memang libur akhir pekan kali ini dari hari Jum’at sampai Minggu. 

Saya menginap di Cottage yang berada ditengah laut yang berdekatan dengan hutan mangrove, jarak antara perkampungan dengan cottage yang berdiri kokoh tidaklah membutuhkan waktu yang lama, sekitar 10 menitan jadi tak perlu takut hihihi. Perjalanan singkat dari desa Tumbak ke cottage ini saya melewati pulau kecil yang berpasir putih (Pulau Ponteng) dan disaat sore hari saya juga bisa melihat indahnya sang matahari memasuki peraduan, hmm indah sekaaiii!!

Tak lama setelah sampai di cottage sayapun langsung ber-snorkling ria karena tak jauh dari cottage sudah terdapat spot-spot diving dan snorkling, keren kan! Setelah mengobrol dengan pemandu nya ternyata disini ada sekitar 20 titik snorkling dan diving loh, kalau tidak salah namanya napo kipas, bohaga mangrove emm dll banyak banget sampe lupa nama-namanya hehe
Saat melihat keindahan bawah laut dengan snorkling maupun diving mata saya dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang begitu indah dan keren dengan ratusan spesies ikan dengan beragam jenis seperti banggai, nudibranch, cardinalfish, napoleon, zebra lionfish dan masih banyak lagi. Saya juga dimanjakan dengan hamparan karang yang begitu luas baik hardcoral dan softcoral dengan berwarna-warni yang begitu cantiknya.

Hari kedua saya disini, saya mengikuti petualangan dengan mengelilingi hutan mangrove menggunakan sampan, treking pulau-pulau cantik yang berpasir putih, waaww keren pokonya!!!!! 

Kamu harus nyoba berwisata ke Taman Laut Tumbak ini !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar