Rabu, 01 April 2015

Asiknya Jalan-Jalan Bareng Gajah!!



Negara kita, ciyeee negara kita haha, Indonesia memang kaya akan keanekaragaman hewani tentunya hayati juga. Jadi tak heran jika Indonesia banyak terdapat Taman Nasional yang memang kita sebagai warga Indonesia berkewajiban melestarikannya.

Taman Nasional Way Kambas, tentunya bukan hal yang baru didengar yaa. Taman Nasional ini merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia  yang berada di kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Pada tahun 1937 kawasan hutan yang masuk kategori hutan rendah ini ditetapkan oleh Pemerintan Hindia Belanda sebagai kawasan Suaka Margasatra, nah baru pada tahun 1989 status Way Kambas ditingkatkan menjadi Taman Nasional berdasarkan keputusan menteri Kehutanan dengan Luas Wilayah sekitar 130.000 hektar.
Penasaran dengan wisata didaerah Lampung ini, saya langsung meluncur ke Taman Nasional Way Kambas ini, kepengen tau banget aktifitas apa aja sih yang ada di taman nasional ini. Taman nasional ini terletak di Jl. Raya Labuhan Ratu, kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Setelah sampai Lampung  saya bersama kawan yang lain melewati Metro kemudian Way Jepara, perjalanan saya tempuh selama 2 jam. Lalu sampailah di Bakauheni kemudian saya melewati Labuan Meringgai dan sampailah saya di Way Kambas. Duhhh senengnya setelah perjalanan yang lumayan menguras tenaga, emm sebenernya engga juga sih karna saya kan cuma duduk cantik dimobil haha, akhirnya saya sampai!!!
Yang paling saya tunggu-tunggu adalah saya ingin datang ketempat Konservasi  Gajah Karangsari, dan sampailah saya disini. Disini saya melihat gajah-gajah liar yang akan dijinakan dan dilatih, gajah liar memang sengaja dijinakan untuk membantu dalam pengangkutan dan aktifitas sehari-hari.  Selain itu ada atraksi gajah yang menarik banget  seperti tarik tambang, menari, main bola, hormat, aahhh pokoknya segala bisa si gajah ini. Ternyata bukan hanya ada gajah saja loh di Taman Nasional Way Kambas ini ada juga hewan lain yang teramcam punah seperti Badak Sumatera, Harimau Sumatera, Tapir, Ular, Labi-labi, Buaya serta beberapa jenis burung dan primata.

Terus ya disini saya juga mengikuti para pawang untuk mengitari Taman Nasional Way Kambas sambil menunggangi gajah, mengitari hutan, memandikan gajah disungai, menggosok tubuh gajah. Dan menggosok tubuh Gajah itu hanya memakai daun loh keren kan, memang pas digosok ketubuh Gajah daunnya itu mengeluarkan busa seperti sabun. 

Wahh liburan kali ini saya mendapatkan pengalaman baru yang tidak akan pernah terlewatkan pokoknya!!! Kamu juga harus banget nih liburan kesini, jangan cuma liburan ke mall doang nongki-nongki cantik hihi sekali-kali kita harus dapet edukasi tentang alam Indonesia kita yang tercinntaaahhh, sampai ketemu di jalan-jalan selanjutnya!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar