Kamis, 30 April 2015

Observatorium Boscha di lembang Bandung



“Bintang-bintang di langit, menyimpan sejuta misteri
Berkedip-kedip bermain mata…”

Generasi 90an ingat penggalan lagu itu kan? Kalau saya sih langsung terbayang latar lagu itu… Yap, bener! Observatorium Boscha di lembang Bandung, salah satu tempat shooting Petualangan Sherina.


Observatorium Bosscha ini merupakan sebuah tempat pengamatan bintang tertua di Indonesia  yang berlokasi kurang lebih sekitar 15 KM di utara kota Bandung. Tempat peneropongan bintang ini cukup bersejarah karena sudah ada sejak zaman penjajahan belanda, tepatnya dibangun pada tahun 1923 oleh K.A.R Bosscha, seorang yang berkebangsaan belanda.  Konon, observatorium ini pernah jadi satu-satunya peneropongan bintang di dunia yang terletak di kawasan khatulistiwa. Wih! Keren ya!


Saat ini Observatorium Bosscha berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  Institut Teknologi Bandung dan digunakan sebagai tempat penelitian. Jadi kalau kamu mau berkunjung ke Observatorium Bosscha, kamu harus mendaftar terlebih dahulu, dan waktu kunjung yang dibatasi. Untuk kunjungan umum hanya diperbolehkan di hari Sabtu mulai jam 9 Pagi sampai jam 1 siang. Sedangkan untuk rombongan sekolah dapat dilakukan di hari Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran melalui telepon di nomor +62-22-2786001.


Kalau kamu datang dari arah Bandung, pergilah ke Ledeng. Dari Terminal Ledeng ambil jalan lurus menuju Lembang  atau bisa juga naik angkutan umum Stasiun Hall-Lembang atau Ciroyom-Lembang, Setelah 14 km atau 18 tikungan kiri dan 16 tikungan kanan menyusuri Jalan Raya Lembang, kamu akan sampai di gerbang bawah Bosscha tepat di tikungan, sebelah kanan jalan, dekat Hotel Tiara. Dari gerbang ke  lokasi kamu masih butuh berjalan sejauh 800 m, udara sejuk dijamin tidak akan membuat kamu capek, apalagi kalau sepanjang jalan kamu selfie dengan background Lembang. Kecuali jika kamu membawa mobil pribadi, bisa parker disekitar observatoriumnya. Jadi, siap untuk wisata edukasi di weekend kamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar